Video Terkini

Lovely Brothers

Lovely Brothers
share your love

Monday 16 April 2012

HENNA (INAI) TANAMAN PENUH PESONA

                Diceritakan dari Abu Dzarr r.a. bahwa Rasulullah Saw suatu ketika mengenakan celak dan bersabda, "Cara yg paling baik untuk mengubah uban adalah menggunakan inai," (HR Al-Bukhari). Ali bin Abu Thalib-dari neneknya, Sulma, yang turut menemani Rasulullah Saw-saat berkata, "Semua orang yang mengeluh sakit kepala kepada Rasulullah Saw selalu mendapat jawaban, 'Bekamlah' Orang yang mengeluh rasa sakit di kakinya, selalu mendapatkan jawaban, 'Oleskanlah inai," (HR Abu Dawud). Masih menurut Salma, ia berkata, "Setiap kali Nabi Saw terkena luka atau tertusuk duri, pastilah beliau mengolesi tempat yang luka dengan inai," (HR Al-Tirmidzi).


Inai atau Lawsonia Inermis 


        Termasuk dalam rumpun Lythracees. Ia biasanya berusia 1-2 tahun, tetapi ada juga yang sampai 3 tahun, bahkan ada yang sampai 10 tahun. Inai selalu berwarna hijau dgn cabangnya yg banyak. Inai dapat merambat sepanjang 3 meter. Daun-daunnya berwarna hijau sedikit putih dengan lebar sekitar 3-4 cm. Tempat utama tanaman inai adalah Asia Barat Daya dan beberapa daerah bersuhu panas. Oleh karena itulah, inai banyak tumbuh di beberapa negara yg berada di garis khatulistiwa wilayah benua Afrika. Inai juga banyak hidup di daerah Laut Tengah. Di antara negara utama penghasil inai adalah Mesir, Sudan, India, dan Cina.

Unsur-unsur Kimia Inai


       Bagian yang dapat dimanfaatkan dari pohon inai adalah bunga dan daunnya. Daun inai mengandung beragam unsur glosida dan salah satu yang terpenting yaitu molekul lawsone dengan kandungan unsur kimia 2-Hydroxy-1,4-Naphthoquinone, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam proses induksi biologis medis dan juga dalam proses pewarnaan hitam. Daun inai juga mengandung renin dan tanin yang di kenal dgn sebutan henatanin. Adapun bunga inai sendiri mengandung minyak yang memiliki aroma sangat harum. Selain itu bunga inai juga mengandung vitamin A, B, ionone.

Pemanfaatan Inai dalam Dunia Medis


Inai memiliki nilai lebih di mata para dokter Muslim. Ibnu Qayyim mengatakan, "Inai adalah obat yang manjur untuk mengatasi luka bakar. Jika dikunyah, maka ia bermanfaat untuk mengobati luka dimulut dan sariawan. Jika di tempelkan dengan perban, maka inai dapat menyembuhkan tumor, iritasi kulit dan radang (untuk otak luar). Jika dibuat pasta dan dioleskan dikuku, maka kuku akan menjadi cantik. Selain itu, inai juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan juga digunakan untuk menghilangkan komedo dan jerawat disekujur tubuh.

Para peneliti di Baghdad mengatakan, "Warna inai yang merah dapat membangkitkan rasa cinta. Aroma yang harum dapat digunakan sebagai pewangi, dan kebanyakan masyarakat kuno menggunakan inai sebagai bahan pewarna. Para peneliti tersebut menekankan bahwa inai dapat bermanfaat untuk mengobati luka mulut, sariawan, radang panas, dan juga mengurangi rasa nyeri. Air rendaman inai yang dimasak dapat menghilangkan luka bekas bakar. Inai yang dibuat pasta dapat mengobati kuku-kuku yang busuk. Jika dioleskan pada penderita cacar, maka akan dapat mempercepat penyembuhan." Ibnu Sina mengatakan, " Inai dapat menghilangkan dan mengeringkan tanpa memberi efek rasa sakit," Dalam pengobatan tradisional, inai banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan luka, memulihkan kulit bekas bakar, membersihkan mata, serta mengobati kusta dan radang sendi. Ibnu Dawud dalam memoarnya mengatakan, "Inai bermanfaat memperlancar saluran air kencing. Dia dapat menghancurkan batu dalam kandung kemih."......Dalam dunia medis modern, diantara penelitian penting yg perlu disebutkan adalah eksperimentasi yg dilakukan oleh dr. Malik Zadah, seorang profesor bidang bakteriologi dari Universitas Teheran. Dalam eksperimennya, ia menemukan bahwa pohon inai memiliki banyak pengaruh kepada mikroba dan bakteri. Pengaruh tersebut adalah hilangnya mikroba dan bakteri. Penemuan itu akhirnya tersebar luas di negara-negara bagian Amerika dan banyak pula dilanjutkan dengan penelitian yang lebih mendalam........( Referensi dari Buku Mukjizat Alquran dan Hadis, jilid 6.TERTARIK ingin tahu kelanjutannya...? Kunjungi Web.kami di www.gianmandiri.co.id)

1 comment:

  1. Yang butuh bibit Inai bisa hubungi saya di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete