Video Terkini

Lovely Brothers

Lovely Brothers
share your love

Thursday 26 April 2012

ROBOT UGM RAIH MEDALI EMAS ROBOGAMES 2012 DI AMERIKA



YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - 
Tim Robot UGM kembali berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi robot dunia. Kali ini, tim robot UGM berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 medali perak pada ajang Robogames 2012 di San Mateo, California, Amerika Serikat .
Robogames 2012 yang diikuti oleh 16 negara di dunia, meliputi 238 tim, 682 robot, dan 1.039 engineers dari sejumlah negara seperti Argentina, Denmark, India, Jepang, Korea, dan Amerika turut meramaikan kompetisi bergengsi itu.
Setidaknya ada 59 kategori yang dipertandingkan mulai dari humanoid, halang rintang, kungfu, dan pertempuran. Selain UGM, tim robotika Unikom Bandung juga berhasil menambah perolehan emas untuk Indonesia. Unikom berhasil mendapatkan 3 medali emas dalam kompetisi Robogames 2012.
Tim robot UGM yang saat itu diwakili oleh Luis Rizki Ramelan (Teknik Elektro 2009), Noer Aziz Ismail (Teknik Elektro 2009) dan Ridwan Widoyoko (Teknik Mesin 2008) membawa tujuh robot untuk dipertandingkan dalam ajang Robogames 2012.
''Saat itu kami membawa 7 robot, dan berhasil meraih medali pada tiga kategori,'' kata Ridwan saat jumpa pers dengan wartawan di Stana Parahita UGM.
Dikatakan, dalam Robogames kali ini tim robot UGM berhasil memperoleh medali dari kategori Fire Fighting, Stand Balancing, dan Walker Challenge. Satu emas diraih robot Iron Fire yaitu robot yang memadamkan lilin pada kategori fire fighting.
Emas berikutnya diperoleh robot Isorobot Stand Balancing yakni robot kesetimbangan dua roda di kategori stand balancing. Sementara medali perak dipersembahkan oleh robot I-Kinematic berkaki untuk kategori jalan haling rintang (walker challenge).
Dijelaskannya oleh Aziz, robot-robot yang dipertandingkan dalam Robogames 2012 tersebut seluruhnya dibuat dengan bahan atau komponen dari dalam negeri. Hampir keseluruhan bagian dirakit sendiri, kecuali pada bagian sensor. Dana yang dikeluarkan untuk pembuatan robot pun bervariasi antara Rp 500 ribu hingga Rp 40 juta.
''Sebenarnya tidak keluar banyak dana untuk membuat robot-robot ini. Sebagian robot kami buat dari komponen-komponen robot yang sudah ada, kita daur ulang untuk dipakai kembali,'' ungkapnya.
Sementara Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs Haryanto MSi menuturkan bahwa UGM sangat mendukung upaya pengembangan robot yang dilakukan mahasiswa. Sejak tahun 2005 pihaknya telah mensinergikan sejumlah fakultas yaitu Fakultas Teknik, MIPA, dan Sekolah Vokasi menjadi sebuah tim untuk pengembangan robot UGM.
( Bambang Unjianto / CN27 / JBSM

No comments:

Post a Comment