Video Terkini

Lovely Brothers

Lovely Brothers
share your love

Wednesday 18 July 2012

PERBEDAAN AWAL PUASA 2012

Tak terasa sebentar lagi umat muslim akan menyambut datangnya bulan ramadhan. Namun ternyata di Indonesia ada perbedaan awal puasa. Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) telah menetapkan bahwa awal Ramadhan 1433 Hijriyah jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Sementara 1 Syawal atau hari pertama Lebaran pada Minggu, 19 Agustus 2012.

Lapar.com
Namun walaupun demikian Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin mengharapkan agar seluruh masyarakat saling menghormati dan menghargai apabila terjadi perbedaan dalam menentukan awal puasa Ramadhan di antara umat Islam. Ia menambahkan bahwa hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan. Menurutnya puasa adalah ibadah yang dilakukan atas dasar keyakinan masing-masing umat.
Muhammadiyah juga berencana tidak mengikuti Sidang Itsbat (penetapan) awal Ramadhan yang biasa digelar Kementerian Agama dengan alasan untuk mengurangi ketegangan dan untuk kebaikan bersama.
Namun tidak demikian halnya dengan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA,staf pengajar pada Islamic University of Europa,seperti yang dikutip dari detik.com. Menurutnya jika jika perbedaan awal Ramadan di satu negara apalagi di kota yang sama maka itu bukan lagi rahmat melainkan laknat.
Menurut Sofjan sendiri, perbedaan penetapan awal puasa sejak dulu bukan karena beda methode antara rukyah dan hisab, namun karena gengsi antara Muhammadiyah yang menerapkan methode horizon bebas dan Kemenag yang didominasi pemikiran horizon lokal.
Menurutnya hanya ada satu solusi yaitu Kemenag tahun ini harus berani menggunakan otoritasnya untuk mengumumkan awal puasa beberapa hari sebelum akhir Syaban dan menyiarkan puasa serentak pada 20 Juli 2012. Pihak Kemenag harus membuktikan bahwa Islam adalah rahmatan lilalamin.

No comments:

Post a Comment