Video Terkini

Lovely Brothers

Lovely Brothers
share your love

Thursday 15 March 2012

MENGUNGKAP MUKJIZAT BEKATUL

Manfaat bekatul bagi kesehatan – Selama ini bekatul padi sebagai hasil samping penggilingan padi bersifat limbah dan dimanfaatkan sebagai pakan dengan nilai ekonomi rendah. Sebenarnya bekatul padi dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan maupun industri farmasi.
Pangan fungsional didefinisikan sebagai makanan yang berdasarkan pengetahuan tentang hubungan antara makanan dan komponen makanan juga kesehatan yang diharapkan mempunyai manfaat kesehatan tertentu (Broek, 1993).
Karena merupakan makanan, maka pangan fungsional menurut ilmuwan Jepang mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sensory (warna dan penampilan menarik, citarasanya enak), kemudian nutritional (bernilai gizi tinggi), dan physiological (memberikan pengaruh fisiologis yang menguntungkan bagi tubuh). Manfaat bekatul bagi kesehatan – Beberapa fungsi fisiologis yang diharapkan dari pangan fungsional adalah pencegahan timbulnya penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, regulasi kondisi ritmik tubuh, memperlambat proses penuaan, dan penyehatan kembali (recovery).
Dengan demikian, meskipun mengandung senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan, pangan fungsional bukan kapsul, tablet atau bubuk yang berasal dari senyawa alami. Oleh karena itu pangan fungsional seharusnya dikonsumsi sebagaimana layaknya makanan sehari-hari, bentuknya dapat makanan maupun minuman.
Untuk pangan, bekatul dapat dicampur dengan bahan lain pada pembuatan biskuit, kue, dan lain-lain. Penggunaan bekatul secara komersial di luar negeri baru pengekstrakan bekatul untuk minyak goreng.

Manfaat bekatul bagi kesehatan

Bekatul amat bermanfaat untuk mengatasi/mengobati :
1. Diabetes Melitus (kencing manis)
2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
3. Kolesterol tinggi
4. pengapuran pembuluh darah
5. Serangan jantung karena penyumbatan
6. Gangguan aliran pembuluh darah ke jantung
7. Asma
8. Menurunnya fungsi hati
9. Encok atau rematik
10. Menurunnya gairah seks
11. Sering sakit kepala
12. jantung sering berdebar-debar
13. pegel-pegel di otot
14. Gangguan pencernaan
15. Konstipasi/sembelit
16. Menurunnya daya tahan fisik
17. kanker usus besar
18. penyakit kelenjar gondok
19. Penuaan dini
20. Kegemukan/obesitas
21. Kista ovarium
Pemanfaatan bekatul yang telah diawetkan sebagai makanan sarapan sereal, dengan perbandingan (dalam persen) tepung beras : bekatul dari 90:10 sampai dengan 30:70. Substitusi bekatul padi 15 persen pada tepung terigu dilaporkan memberikan hasil yang optimal terhadap penerimaan cookies dan roti manis. Manfaat bekatul bagi kesehatan – Substitusi ini meningkatkan kandungan serat pangan (hemiselulosa, selulosa, dan lignin) dan niasin pada produk (Muchtadi et al, 1995).
Dari uraian di atas terlihat bahwa bekatul padi mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai pangan fungsional. Potensi ini berkorelasi positif dengan padi/beras sebagai konsumsi utama masyarakat Indonesia. Manfaat bekatul bagi kesehatan – Pemanfaatan limbah penggilingan padi dapat diolah menjadi bekatul awet, dan kemudian diolah lanjut sebagai pangan fungsional.

No comments:

Post a Comment